Rabu, 23 April 2014

                                                KUE KLEPON
Klepon adalah salah satu jajanan pasar yang disukai banyak orang. Saya mencicipi kue ini waktu saya pergi kepasar Gunungpati. Klepon ketan ini mempunyai bentuk yang bulat dengan isian gula merah di dalamnya. Gula merah ini lah yang akan memunculkan rasa manis pada klepon ketan. Jadi saat Anda mengigit klepon, maka lelehan gula merah itu akan langsung menetes di lidah Anda.kue sangat nikmat dinikmati pada pagi dan sore hari.


Berikut cara membuat klepon :
Resep Klepon Ketan Isi Gula Merah
Bahan:
- ½ sdt garam
- 1 sdt kapur sirih
- 1 sdm air daun pandan suji (untuk pewarna hijau)
- 150 ml air
- 250 gr tepung beras ketan
- 150 gr gula merah, iris halus (untuk bahan isian klepon)
- 150 gr kelapa parut

Tahapan membuat klepon ketan isi gula merah
Cara membuat:
- Campur tepung ketan dengan garam dan kapur sirih, aduk sampai rata sambil tambahkan air sedikit demi sedikit, aduk terus sampai tercampur rata dan menjadi adonan.
- Jika sudah menjadi adonan, tambahkan air daun pandan agar adonan jadi hijau. Uleni terus hingga warnanya merata. Diamkan adonan sekitar 15 menit.
- Ambil adonan kira-kira 1 sendok makan. Bulatkan, lalu pipihkan, beri sedikit irisan gula merah di tengah-tengah adonan lalu bulatkan kembali. Lakukan cara ini sampai adonan habis.
- Masukkan adonan yang sudah dibentuk bulat tadi ke dalam air mendidih. Rebus adonan hingga matang atau mengapung di air, angkat lalu tiriskan agar cepat dingin.
- Sajikan klepon ketan yang sudah matang di atas piring saji. Taburkan parutan kelapa di atasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar